LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN MENYIMAK—BERBICARA
Langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran Bahasa
Indonesia kelas tinggi dalam keterampilan menyimak berbicara berdasarkan
strateginya adalah sebagai berikut :
1. Strategi
Menyimak Dan Berpikir Langsung Mbl / Dlta (Direct Listening Thinking
Activities)
·
Pra Simak
Persiapan Menyimak :
Ø Pada tahap
ini guru memberitahukan judul cerita yang akan disimak, misalnya “Saat
Sendirian di Rumah”.
Ø Berdasarkan
judul teresbut guru menanyakan kepada siswa misalnya: “Bagaimana seandainya
malam hari sendirian di rumah?”
Ø Untuk
membangkitkan imajinasi siswa guru bisa menunjukkan gambar rumah yang gelap.
Ø Selanjutnya
guru mengajukan pertanyaan Apa kira-kira isi cerita yang akan dibacakan, apa
yang kira-kira menarik dari cerita itu, bagaimana seandainya peristiwa itu
terjadi pada kalian? Dan sebagainya.
·
Saat Simak
Guru Membaca Nyaring :
Ø Guru
membacakan cerita dengan suara nyaring secara menarik dan hidup
Ø Pada bagian
tertentu yang dianggap memiliki hubungan dengan prediksi dan tujuan
pembelajaran, guru menghentikan pembacaan dan mengajukan pertanyaan kepada
siswa. Misalnya : “Apa kesimpulan yang kalian peroleh, apa yang terjadi
kemudian, apa yang terjadi selanjutnya dsb.”
Ø Setelah tanya
jawab dianggap cukup, guru melanjutkan membacakan lagi. Dan mengulangi langkah
di poin kedua sampai cerita selesai.
- Pasca Simak
Refleksi :
Ø Guru
mengakhiri pembacaan cerita
Ø selanjutnya
guru meminta siswa untuk mengemukakan kembali isi cerita dan guru meminta
pendapat siswa tentang unsur-unsur cerita, misalnya tentang watak tokoh,
tentang alur, seting dan sebagainya secara lisan. Kegiatan ini bisa dilakukan
dengan menunjuk siswa maju ke depan untuk menceritakan kembali cerita yang
telah dibacakan guru secara bergantian
2.
Strategi Pertanyaan Jawaban (Pj)
·
Pra Simak
Ø Guru
mengemukakan judul bahan simakan
Ø Guru
mengajukan pertanyaan berkenaan dengan isi simakan yang akan dibicarakan
- Saat Simak
Ø Guru
membacakan materi simakan. Pembacaan dapat dilakukan perbagian dengan diselingi
pertanyaan atau dibacakan secara keseluruhan secara langsung
- Pasca Simak
Ø Guru
membacakan materi simakan. Pembacaan dapat dilakukan perbagian dengan diselingi
pertanyaan atau dibacakan secara keseluruhan secara langsung
Ø Setelah materi
simakan selesai dibacakan guru memberi kesempatan kepada siswa menanyakan
hal-hal yang belum dipahami.
Ø Guru
mengadakan tanya-jawab dengan siswa.
Ø Siswa
mengemukakan kembali informasi yang telah diperoleh, (bisa secara tertulis atau
lisan).
3.
Strategi Kegiatan Menyimak Secara Langsung/Kml Atau
Dla (Direct Listening Activities)
·
Pra Simak
Ø Guru
mengemukakan tujuan pembelajaran, membacakan judul teks simakan, bertanya jawab
dengan siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan judul bahan simakan sebagai
upaya untuk pembangkitan skemata siswa. Selanjutnya guru mengemukakan hal-hal
pokok yang perlu dipahami siswa dalam menyimak
- Saat Simak
Ø Guru meminta
siswa mendengarkan materi simakan yang dibacakan oleh guru.
- Pasca Simak
Ø Guru
melakukan tanya jawab tentang isi simakan. Pertanyaan tidak selalu harus diikat
oleh pertanyaan yang terdapat dalam buku. Guru hendaknya menambahkan pertanyaan
yang dikaitkan dengan konteks kehidupan siswa atau masalah lain yang aktual.
Ø Guru
memberikan latihan/tugas/kegiatan lain yang berfungsi untuk mengembangkan
keterampilan siswa dalam menyimak.