Kamis, 03 Mei 2012


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Sastra mengandung eksplorasi mengenai kebenaran kemanusiaan. Sastra juga menawarkan berbagai bentuk kisah yang merangsang pembaca untuk berbuat sesuatu. Apalagi pembacanya adalah anak-anak yang fantasinya baru berkembang dan menerima segala macam cerita terlepas dari cerita itu masuk akal atau tidak. Sebagai karya sastra tentulah berusaha menyampaikan nilai-nilai kemanusiaan, mempertahankan, serta menyebarluaskannya termasuk kepada anak-anak.
Sesuai dengan sasaran pembacanya, sastra anak dituntut untuk dikemas dalam bentuk yang berbeda dari sastra orang dewasa hingga dapat diterima anak dan dipahami mereka dengan baik. Ketika akan menumbuhkan apresiasi sastra anak-anak, kita perlu memahami tingkat perkembangan mereka terlebih dahulu. Pemahaman tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan ketika kita memilih bahan, memilih bentuk apresiasi yang dilakukan anak-anak, maupun ketika kita mengidentifikasi kegiatan tindak lanjut sejalan dengan kegiatan apresiasi sastra yang mereka lakukan. Kegagalan memahami tingkat perkembangan anak, juga berarti kegagalan dalam memahami kemampuan anak dalam meresepsi bahan, kegagalan dalam memahami minat dan motivasi anak, serta kegagalan dalam menentukan tingkat kesiapan anak pada umumnya. Kegagalan tersebut tentu akan berimplikasi pada kegagalan kegiatan apresiasi sastra yang dilakukannya.

B.       Pembatasan Masalah
Agar lebih fokus dan lebih evisien dalam pembahasan ini maka kami membatasi permasalahan ini menjadi beberapa sub pokok pembahasan yang meliputi: pengertian sastra anak, hubungan perkembangan anak dengan sastra anak dan manfaat sastra bagi anak.




C.      Rumusan Masalah
Dari uraian yang telah dipaparkan secara sepintas kami dapat menguraikan perumusan masalah sebagai berikut:
1.         Apa pengertian sastra anak?
2.         Bagaimanakah hubungan perkembangan anak dengan sastra anak berdasarkan tahapan perkembangan kognitif, bahasa, moral, dan resepsi sastra anak?
3.         Apa manfaat sastra bagi anak?

D.      Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut diatas maka tujuan penulisan adalah sebagai berikut:
1.             Pengertian sastra anak.
2.             Hubungan perkembangan anak dengan sastra anak berdasarkan tahapan perkembangan kognitif, bahasa, moral, dan resepsi sastra anak.
3.             Manfaat sastra bagi anak.












BAB II
PEMBAHASAN
HUBUNGAN PERKEMBANGAN ANAK DENGAN SASTRA ANAK

Pengajaran sastra di sekolah dasar (SD) diarahkan terutama pada proses pemberian pengalaman bersastra. Siswa diajak untuk mengenal bentuk dan isi sebuah karya sastra melalui kegiatan mengenal dan mengakrabi cipta sastra sehingga tumbuh pemahaman dan sikap menghargai cipta sastra sebagai suatu karya yang indah dan bermakna.
Karya sastra anak yang merupakan jenis bacaan cerita anak-anak merupakan bentuk karya sastra yang ditulis untuk konsumsi anak-anak. Sebagaimana karya sastra pada umumnya, bacaan sastra anak-anak merupakan hasil kreasi imajinatif yang mampu menggambarkan dunia rekaan, menghadirkan pemahaman dan pengalaman keindahan tertentu.
Anak usia SD pada jenjang kelas menengah dan akhir sebagai pembaca sastra telah mampu menghubungkan dunia pengalamannya dengan dunia rekaan yang tergambarkan dalam cerita. Hubungan interaktif antara pengalaman dengan pengetahuan kebahasaan merupakan kunci awal dalam memahami dan menikmati bacaan cerita anak-anak. Bacaan tersebut ditinjau dari cara penulisan, bahasa, dan isinya juga harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan readiness anak.

A.      Pengertian Sastra Anak
Menurut Wahidin, sastra anak adalah karya sastra yang secara khusus dapat dipaham oleh anak-anak dan berisi tentang dunia yang akrab dengan anak-anak yaitu berisi tentang dunia yang akrab dengan anak-anak, yaitu anak-anak yang berusia antara 6-13 tahun.
Secara konseptual, sastra anak-anak tidak jauh berbeda dengan sastra orang dewasa (adult literacy). Keduanya sama berada pada wilayah sastra yang meliputi kehidupan dengan segala perasaan, pikiran dan wawasan kehidupan. Yang membedakannya hanyalah dalam hal fokus pemberian gambaran kehidupan yang bermakna bagi anak yang diurai dalam karya tersebut.
Sastra (dalam sastra anak-anak) adalah bentuk kreasi imajinatif dengan paparan bahasa tertentu yang menggambarkan dunia rekaan, menghadirkan pemahaman dan pengalaman tertentu, dan mengandung nilai estetika tertentu yang bisa dibuat oleh orang dewasa ataupun anak-anak. Apakah sastra anak merupakan sastra yang ditulis oleh orang dewasa yang ditujukan untuk anak-anak atau sastra yang ditulis anak-anak untuk kalangan mereka sendiri tidaklah perlu dipersoalkan.
Siapapun yang menulis sastra anak-anak tidak perlu dipermasalahkan asalkan dalam penggambarannya ditekankan pada kehidupan anak yang memiliki nilai kebermaknaan bagi mereka. Sastra anak-anak adalah sastra yang mencerminkan perasaan dan pengalaman anak-anak melalui pandangan anak-anak.
Namun demikian, dalam kenyataannya, nilai kebermaknaan bagi anak-anak itu terkadang dilihat dan diukur dari perspektif orang dewasa. Sastra anak juga berfungsi sebagai media pendidikan dan hiburan, membentuk kepribadian anak serta menuntun kecerdasan emosi anak. Pendidikan dalam sastra anak memuat amanat tentang moral, pembentukan kepribaian anak, mengembangkan inajinasi dan kreativitas serta memberi pengetahuan ketrampilan praktis bagi anak. Fungsi hiburan dalam sastra anak dapat membuat anak merasa bahagia atau senang membaca, senang dan gembira mendenganrkan cerita ketika dibacakan atau dikeklamasikan dan mendapatkan kenikmatan atau kepuasan batin sehingga menuntun kecerdasan emosinya.
Sastra anak yaitu sastra yang ditulis oleh pengarang yang usianya remaja atau dewasa, isi dan bahasanya mencerminkan corak kehidupan dan kepribadian anak. Sastra anak-anak adalah sastra yang ditulis oleh pengarang yang usianya masih tergolong anak-anak, yang isi dan bahasanya mencerminkan corak kehidupan dan kepribadian anak.
Salah satu karakteristik tugas perkembangan anak adalah-anak adalah berkaitan dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Kecendrungan rasa ingin tahu yang sangat tinggi dapat dipenuhi dengan melakukan beberapa aktivitas salah satunya adalah dengan membaca sastra anak yang bergenre fantasi. Dalam konteks tersebut, karya sastra anak yang baik adalah yang dapat mengajak anak-anak sebagai pembacanya ke perziarahan fantasi. Karya sastra anak fantasi, baik cerpen maupun novel berkesempatan untuk mendorong anak-anak memasuki wilayah imajinatif yang ukurannya tak terukur akal pikiran sederhana. Cerita anak juga dapat mengembangkan daya fantasi. Melalui daya fantasi anak dapat mengembangkan potensi kediriannya
B.       Hubungan Perkembangan Anak dengan Sastra Anak
Sastra anak mengandung tema yang mendidik alurnya lurus dan ridak berbelit-belit, menggunakan seting yang ada di sekitar atau ada di dunia anak, tokoh dan penokohan mengandung peneladanan yang baik, gaya bahasa di pahami tapi mampu mengembangkan bahasa anak, sudut pandang orang yang tepat, dan imajinasi masih dalam jangkauan anak. Dari segi perkembangan, sastra anak dapat:
·           Memberikan pengalaman dan perkembangan daya pikir anak-anak ke arah yang lebih baik.
·           Memberikan pemahaman kosa kata baru dan logika bahasa/ merangkai kata,
·           Mengembangkan kepribadian anak dalam menyikapi kehidupan, dan
·           Menjadikan anak lebih peka alam memasuki lingkungan yang telah ada atau lingkungan yang baru sehingga anak mampu bersosialisasi dengan baik.
Secara universal perkembangan berbagai aspek kejiwaan anak sesuai dengan tingkat usianya akan melewati tahap-tahap tertentu. Para peneliti telah mengidentifi­kasikan umur serta tahapan dan karakteristik perkembangan kejiwaan anak yang meliputi aspek kognitif, bahasa, personalitas, moral. Setiap tahapan perkembangan kejiwaan anak memiliki karakteristik yang berbeda. Jika kita ingin menggairahkan kegiatan apresiasi sastra bagi anak-anak harus disesuaikan dengan minat dan tingkat kesiapan anak atau perkembangab anak. Tahapan-tahapan tersebut adalah:
1.        Tahap Perkembangan Intelektual (kognitif)
Anak-anak, sebagaimana manusia pada umumnya juga memiliki perbendaharaan pengalaman dan pengetahuan yang mengarahkan aktivitas mereka dalam menanggapi diri sendiri dan dunia luar. Perbendaharaan pengalaman dan pengetahuan yang mengarahkan aktivitas anak-anak tersebut karakteristiknya berbeda-beda sesuai dengan tingkat usia maupun kondisi lingkungan yang membentuknya. Ditinjau dari sudut pandang psikologi kognitif, tingkat perkembangan tersebut dipilah menjadi 4 tahapan, yakni:
1)        Sensorimotor.
Usia lahir sampai umur 2 tahun, pada tahap ini anak memiliki perbendaharaan pengetahuan yang dibentuk berdasarkan tanggapan inderawi dan gerak tubuh. Pada tahap sensori motor, yakni sejak anak lahir sampai usia sekitar 2 tahun, anak belum mampu berbicara. Meskipun demikian anak secara alamiah telah berusaha memahami berbagai bentuk realitas, aktivitas, maupun bentuk-bentuk kebahasaan.
Sebab itulah meskipun tampak belum mengerti, kepada anak-anak perlu diperkenalkan gambar dengan disertai cerita secara lisan. Aktivitas demikian akan merangsang pembentukan persepsi dan kemampuan berbahasa anak, sekaligus juga merangsang aktivitas berpikir anak.
Dalam usia 1,6─2 tahun anak akan menyukai aktivitas atau permainan bunyi yang mengandung perulangan-perulangan yang ritmis. Anak menyukai bunyi-bunyian yang bersajak dan berirama. Permainan bunyi yang dimaksud dapat berupa nyanyian, kata-kata yang dinyanyikan, atau kata-kata biasa dalam perkataan yang tidak dilagukan. Bunyi-bunyian ritmis akan memicu tumbuhnya rasa keindahan pada diri anak. Hal dapat dijumpai dan atau perlu dilakukan oleh ibu yang mengendong, menyanyikan, atau meninabobokan si buah hati. Kesenangan anak terhadap hal-hal tersebut dapat juga dipahami bahwa anak mempunyai bakat keindahan dan menyenangi hal-hal yang terasa indah di inderanya. Permainan bunyi yang berwujud repetisi dan keritmisan merupakan dasar penting bagi bangunan sebuah sajak.
2)        Praoperasional
Usia 2 tahun sampai 7 tahun, pada tahap ini anak memiliki perbendaharaan pemahaman melalui pengamatan kemampuan bahasanya berdasarkan tanggapan indrawi yang bersifat kongkret. Pada tahap ini anak belum bisa membedakan khayalan dengan kenyataan. Cerita yang didengarnya tergambarkan sebagai sesuatu yang seakan-akan sungguh-sungguh terjadi. Dalam tahap ini anak mulai dapat mengoperasikan sesuatu yang sudah mencerminkan aktivitas mental dan tidak lagi semata-mata bersifat fisik. Karakteristik dalam tahap ini aantara lain adalah bahwa:
·           Anak mulai belajar mengaktualisasikan dirinya lewat bahasa, ber­main, dan menggambar (corat-coret).
·           Jalan pikiran anak masih bersifat egosentris, menempatkan dirinya sbagai pusat dunia, yang didasarkan persepsi segera dan pengalaman langsung karena masih kesulitan menempatkan dirinya di antara orang lain. Anak tidak dapat memahami sesuatu dari sudut pandang orang lain.
·           Anak mem­pergunakan simbol dengan cara elementer yang pada awalnya lewat gerakan-gerakan tertentu dan kemudian lewat bahasa dalam pembicaraan. Perkembangan kognitif pada saat ini yang secara luar biasa adalah perkem­bangan bahasa dan konsep formasi.
·           Pada masa ini anak mengalami proses asimilasi di mana anak mengasimilasikan sesuatu yang didengar, dilihat, dan dirasakan dengan cara menerima ide-ide tersebut ke dalam suatu bentuk skema di dalam kognisinya.
Implikasi terhadap buku bacaan sastra yang sesuai dengan karakteristik pada tahap perkembangan intelektual di atas antara lain adalah :buku-buku yang menampilkan gambar-gambar sederhana sebagai ilustrasi yang menarik,  buku-buku bergambar yang memberi kesem­patan anak untuk memanipulasikannya, buku-buku yang memberi kesempatan anak untuk mengenali objek-objek dan situasi tertentu yang bermakna baginya, dan buku-buku cerita yang menampilkan tokoh dan alur yang mencerminkan tingkah laku dan perasaan anak. Anak usia 3 atau 4 tahun sudah dapat mendemonstrasikan kemampuannya jika objek dan situasi yang dihadapkan kepadanya konkret dan bermakna. Sifat egosentris pada anak akan membawanya untuk dapat menanggapi cerita dengan mengidentifikasikan dirinya terhadap tokoh utama cerita, dan karenanya anak akan mengalami proses asimilasi dengan melihat diri dan dunianya dengan pandangan yang baru.
3)             Operasional konkret
Usia 7 sampai 11 tahun, pada tahap ini anak telah mampu memikirkan kenyataan lewat perbendaharaan bahasanya dengan melakukan pemilahan dan penentuan waktu yang didasarkan pada pengalaman yang bersifat konkret. Pada tahap ini anak mulai dapat memahami logika secara stabil. Karakteristik anak pada tahap ini antara lain adalah:
·           Anak dapat membuat klasifikasi sederhana, mengklasifikasikan objek berdasarkan sifat-sifat umum, misalnya klasifikasi warna, klasifikasi karakter tertentu.
·           Anak dapat membuat urutan sesuatu secara semestinya, menurutkan abjat, angka, besar-kecil, dan lain-lain.
·           Anak mulai dapat mengembangkan imajinasinya ke masa lalu dan masa depan; adanya perkembangan dari pola berpikir yang egosentris menjadi lebih mudah untuk mengidentifikasikan sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda.
·           Anak mulai dapat berpikir argumentaif dan memecahkan masalah sederhana, ada kecenderungan memperoleh ide-ide sebagaimana yang dilakukan oleh dewasa, namun belum dapat berpikir tentang sesuatu yang abstrak karena jalan berpikirnya masih terbatas pada situasi yang konkret.
Implikasi terhadap buku bacaan sastra yang sesuai dengan karakteristik pada tahap perkembangan intelektual di atas antara lain adalah buku-buku bacaan yang memiliki karakteristik sebagai berikut: Buku-buku bacaan narasi atau eksplanasi yang mengandung urutan logis dari yang sederhana ke yang lebih kompleks,  Buku-buku bacaan yang menampilkan cerita yang sederhana baik yang menyangkut masalah yang dikisahkan, cara pengisahan, maupun jumlah tokoh yang dilibatkan, Buku-buku bacaan yang menampilkan berbagai objek gambar secara bervariasi, bahkan mungkin yang dalam bentuk diagram dan model sederhana, Buku-buku bacaan narasi yang menampilkan narator yang mengisah­kan cerita, atau cerita yang dapat membawa anak untuk memproyeksikan dirinya ke waktu atau tempat lain. Dalam masa ini anak sudah dapat terlibat memikirkan dan memecahkan persoalan yang dihadapi tokoh protagonis atau memprediksikan kelanjutan cerita.
4)        Operasi formal.
Usia 11 tahun keatas, Pada tahap ini anak telah mampu menyusun persepsi secara simbolik, melakukan proses berpikir secara logis, membuat antisipasi kemungkinan benar/salah secara hipotetis, serta menempuh kegiatan berpikir yang bersifat abstrak.
Pada usia 11-tahun ke atas, anak sudah mampu melakukan proses berpikir secara logis. Pada tahap ini pun anak juga sudah mampu melakukan proses berpkir secara abstrak sehingga anak sudah bisa diminta melakukan penafsiran berkenaan dengan makna yang sifatnya tersirat. Pada sisi lain anak juga sudah bisa diminta melakukan perbandingan antara isi yang termuat dalam karya sastra dengan kenyataan dalam kehidupan, antara wawasan salah satu pelaku dalam karya sastra dengan perilaku manusia dengan kenyataan kehidupan. Berdasarkan perbandingan itu pun anak sudah bisa diminta memberikan pendapatnya dengan disertai alasan secara logis.
Implikasi terhadap pemilihan buku bacaan sastra anak adalah buku-buku bacaan cerita yang menampilkan masalah yang membawa anak untuk mencari dan menemukan hubungan sebab akibat serta implikasi terhadap karakter tokoh, buku-buku bacaan cerita yang menampilkan alur cerita ganda, alur cerita yang mengandung plot dan subplot, yang dapat membawa anak untuk me­mahami hubungan antarsubplot tersebut, serta yang menampilkan persoalan (atau konflik) dan karakter yang lebih kompleks.
Penjelasan di atas memberikan gambaran bahwa tingkat perkembangan anak menentukan tingkat kesiapan mereka dalam meresepsi karya sastra.  Sebagaimana penikmatan karya seni lain, misalnya seni musik, seni tari, dan drama, penikmatan seni sastra juga sangat ditentukan oleh tingkat perkembangan kemampuan berpikir dan tingkat perkembangan pengalaman hidup penikmatnya. Sebuah karya seni yang baik belum tentu bisa dinikmati semua orang. Begitu juga sebuah karya sastra yang baik belum tentu bisa dinikmati anak-anak.
Meskipun demikian bukan berarti bahwa harus ada pengkhususan penyediaan bahan bacaan secara ketat karena karya sastra pada dasarnya dapat direalisasikan pembaca dalam bentuk dan cara yang berbeda-beda. Ketika dua orang yang tingkat usianya berbeda membaca buku cerita bergambar misalnya, anak yang usia nya lebih tinggi dan telah mampu membaca akan menikmati cerita sebagaimana tertuang dalam tulisan se-kaligus menikmati gambarnya. Sementara anak yang tingkat usianya lebih rendah akan menikmati gambar dan sajian warna-warni pada gambar yang tampak atraktif. Hal itu menunjukkan bahwa karya sastra bukan sekedar teks yang terpapar melalui kata-kata dan kalimat, akan tetapi merupakan sebuah dunia yang dapat direalisasikan kembali oleh pembacanya sesuai dengan modal pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya.
2.        Tahap Perkembangan Bahasa
Kemampuan anak memahami karya sastra juga sangat ditentukan oleh tingkat perkembangan kemampuan berbahasanya. Perkembangan bahasa anak memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya mengembangkan kemampuan apresiasi sastra anak maupun pengalaman bersastra pada anak. Sebagaimana pada perkembangan kognitif, perkembangan bahasa anak juga ditentukan oleh tingkat usianya, fase perkembangan bahasa anak meliputi tahap:
·           Random, Mulai lahir-12 bulan, pada tahap ini karakteristik anak hanya mampu mengeluarkan bunyi sampai pada kemampuan melakukan babling, misalnya bunyi ma-ma-ma.
·           Unitari, Usia 12-24 bulan, pada tahap ini karakteristik anak menggunakan kata tertentu sebagai representasi kalimat, misalnya “makan” sebagai representasi kalimat,”Saya minta makan”.
·           Perluasan, Usia 24-48 bulan, Kata-kata Pivot  yakni sebuah kata yang digunakan dalam berbagai relasi kalimat misalnya: makan roti, makan apel, makan sup dan sebagainya.
·           Struktural, Usia 48-60 bulan,  Anak mampu menggunakan bahasa dalam bentukkalimat sederhana berpola Subyek-Predikat-Obyek (SPO), misalnya “Saya minta roti”.
·           Otomatik, usia 60-72 bulan, Anak mampu menggunakan dan mengurutkan kalimat secara sitematis sekaligus sudah mampu mengoreksi
·           Kreatif, usia 72 bulan ke atas, Anak mampu memahami dan menggunakan kata-kata dengan acuan pengertian yang bersifat abstrak. Anak juga telah mampu membuat ungkapan dan melakukan pemilihan kata dan kalimat secara kreatif.
Masing-masing jenis tahapan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Terdapatnya sejumlah karakteristik yang berbeda-beda itu pada sisi lain juga berimplikasi pada kegiatan apresiasi sastra pada anak-anak. Pada sisi lain perlu kepada anak-anak perlu juga dilakukan kegiatan apresiasi sastra yang mendorong terjadinya akomodasi guna meningkatkan kemampuan berbahasa dan daya kognitif anak.
Dalam proses akuisisi bahasa secara alami, anak memperoleh bahasa dengan menirukan, melihat dan menirukan orang berbicara, namun sebena­rnya anak tidak semata-mata sebagai peniru belaka. Ada bukti-bukti yang kuat bahwa anak jauh lebih banyak memahami bahasa daripada yang dapat diproduksi, dan hal itu sungguh di luar dugaan.
Implikasi pemahaman terhadap proses pemerolehan bahasa anak  bagi pemilihan buku bacaan sastra adalah bahwa pemilihan bacaan itu mesti didasarkan pada materi yang dapat dipahami anak, yang dituliskan dengan bahasa yang sederhana sehingga dapat dibaca dan dipahami anak, dengan mempertimbangkan keserdahanaan (atau komplek­sitas) kosakata dan struktur namun, sekaligus juga berfungsi meningkatkan kekayaan bahasa dan kemampuan berbahasa anak.
Terdapatnya hubungan yang erat antara perkembangan bahasa dengan kemampuan mengapresiasi sastra bukan berarti bahwa apresiasi sastra anak hanya berhubungan dengan bahasa. Dalam kenyataannya apresiasi sastra anak juga juga dikondisi oleh gambar, warna, ukuran buku, tulisan, bahkan sampai ke jenis kertas yang digunakan. Pada tahap usia prasekolah sampai sekitar kelas 3 sekolah dasar misalnya, buku yang disediakan untuk mereka adalah buku berukuran besar dengan disertai gambar yang menarik. Gambar yang tampak menarik lebih mampu membangkitkan perhatian anak, dalam konteks yang lebih luas juga akan lebih membangkitkan imajinasi anak dalam membayangkan suatu realitas.
3.        Tahap Perkembangan Moral
Membaca karya sastra ataupun mendengarkan cerita, bagi anak-anak merupakan suatu hiburan. Sementara dalam sudut pandang orang dewasa, melalui kegiatan tersebut anak diharapkan juga dapat menemukan berbagai ajaran dan nilai kehidupan yang bermanfaat dalam memperkaya wawasan moralitas anak. Untuk mencapai tujuan tersebut kita perlu menyadari bahwa sebagaimana perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa, wawasan yang terkait dengan aspek moralitas itu juga memiliki fase-fase perkembangan yang antara anak yang satu dan yang lain bisa saja berbeda-beda.
Selain mempelajari perkembangan kognitif anak, Piaget juga men­dalami hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan moral. Menu­rut Piaget perbedaan nyata antara anak dan dewasa adalah bahwa anak memiliki “dua moral”. Anak mungkin saja mengubah interpretasinya terhadap dilema konflik dan moral dalam cerita. Penilaian anak terhadap moral bergerak dari keterikatannya pada dewasa ke keterpengaruhannya pada kelompok dan berpikir bebasnya.
Perubahan-perubahan penilaian moral anak yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :
·           Penilaian anak kecil terhadap masalah atau tindakan baik dan buruk berdasarkan kemungkinan adanya hukuman dan hadiah yang diperoleh dari dewasa; artinya, anak masih terkendala oleh aturan yang dibuat oleh dewasa. Pada usia anak yang lebih lanjut terdapat standar penilaian tentang baik dan buruk tersebut dari kelompoknya, maka kemudian anak mulai secara sadar memahami situasi kapan dapat membuat aturan sendiri.
·           Penilaian tingkah laku dalam kacamata anak kecil hanya dapat dibedakan ke dalam baik dan buruk, tidak ada alternatif lain. Pada usia anak yang lebih kemudian terdapat kemauan untuk mempertimbangkan lingkungan dan situasi yang membuat legitimasi adaanya perbedaan pendapat.
·           Penilaian anak kecil terhadap suatu tindakan cenderung didasar­kan pada konsekuensi yang terjadi kemudian tanpa memperhatikan pelakunya. Namun, dalam usia selanjutnya sebagian anak mulai mengubahnya dengan memperhatikan aspek motivasi daripadasekadar konsekuensi untuk menentukan kelayakan tingkat kesalahan.
·           Pandangan anak kecil terhadap tingkah laku buruk dengan hukuman berjalan bersama, semakin besar kesalahan akan semakin berat hukumannya. Namun, bagi anak dalam usia yang lebih kemudian, mereka tidak akan begitu saja menerima keadaan itu. Anak mulai ter­tarik untuk mencari hukuman yang lebih fair berdasarkan aturan yang ada di dalam kelompok.
Implikasinya bagi seleksi bacaan sastra anak antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut:
·           Pahami dengan baik karakteristik perkembangan moral anak tiap tahap kemudian pilih bacaan yang sesuai. Misalnya, anak usia tiga tahun baik untuk dipilihkan bacaan yang melukiskan persetujuan orang tua yang berupa tingkah laku, tindakan, dan kata-kata yang baik. Anak usia empat tahun baik untuk dipilihkan bacaan yang dapat melatih anak untuk bertanggung jawab dan melakukan sesuatu yang sesuai dengan aturan sosial,  
·           Pilih buku bacaan yang mengandung dan menawarkan unsur moral, alasan pemilihan moral tertentu oleh tokoh anak, atau yang mengand­ung nasihat-nasihat tentang moral sebagai “model” bertingkah laku.
Pemahaman nilai moral bagi anak-anak melalui kegiatan sastra pada dasarnya lebih banyak merujuk pada penggambaran model yang tersajikan secara hidup, bukan melalui penjelasan secara langsung.
4.        Tahap perkembangan resepsi sastra anak
Sewaktu mendengarkan atau membaca cerita, selama anak telah memahami bahasa yang digunakan, anak akan berusaha menggambarkan realitas yang didengar atau dibacanya sesuai dengan skema yang ada. Dalam hal demikian, dengan kata lain pengaktifan skema pada diri pendengar atau pembaca senantiasa bersifat jamak karena dalam proses memahami sesuatu yang didengar atau dibaca itu pendengar atau pembaca akan menghubungkannya kembali dengan perbendaharaan pengalaman dan pengetahuan secara asosiatif.
Dalam hal demikian pemahaman terbentuk melalui penghubungan antara sesuatu yang diketahui dengan sesuatu yang baru sejalan dengan rekonstruksi yang dilakukan oleh pendengar atau pembaca. Ketika menghubungkan sesuatu yang telah diketahui dengan sesuatuyang baru terjadi tanggapan yang bersifat eksploratif.
Ketika anak mendengar cerita Joko Kendil yang disampaikan ibunya, misalnya, pikiran anak tentu kembali membayangkan sesuatu yang disebut kendil. Seandainya dalam skema anak tidak terdapat pemahaman tentang kendil, maka sebutan Joko Kendil tidak akan bermakna apa-apa. Tetapi bagi anak yang memiliki pemahaman tentang kendil, dalam kesadaran batinnya tumbuh eksplorasi berkenaan dengan kendil yang dihubungkannya dengan sosok manusia yang disebut sebagai Joko Kendil. Apabilasemula belum pernah muncul bayangan tentang manusia yang kecil, bulat, pendek sebagaimana wujud kendil, setelah mendengar atau membaca cerita Joko Kendil muncul gambaran baru yang semula tidak ada dalam perbendaharaan pe-mahamannya.
Sejalan dengan pemaparan lakuan dan peristiwa yang didengar atau dibacanya, anak juga berusaha menentukan siapa pelaku dalam cerita yang didengar atau dibacanya. Sejalan dengan eksplorasi yang dilakukannya, anak juga akan berusaha menggambarkan ciri sosok setiap pelaku dalam cerita yang dibacanya. Apabila cerita tersebut disajikan denga disertai gambar, eksplorasi yang dilakukan anak tidak terlalu rumit. Namun apabila cerita tersebut hanya didengar secara lisan, anak akan mengalami kesulitan. Sebab itulah dalam penyampaian cerita secara lisan dituntut keterampilan pencerita memaparkan ceritanya secara hidup dan kaya. Dengan cara demikian, asosiasi anak akan terbawa ke sebuah kenyataan yang seakan-akan sungguh ada dan terjadi. Secara emosional akhirnya anak merasa sungguh-sungguh terlibat sehingga cerita yang didengar juga terasa lebih menarik.
Perbedaan tingkat resepsi anak-anak secara umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
·           Usia 0-2 tahun, Pada usia tersebut anak dapat diibaratkan sebagai lembar kertas putih yang terbuka. Pada usia tersebut anak belum mampu berbahasa. Peranan orang tua apabila dihubungkan dengan kegiatan apresiasi sastra adalah pada upaya menumbuhkan kemampuan menanggapi realitas, menggunakan bunyi-bunyi kebahasaan, dan menggerakkan keterampilan motorik anak. Pada usia tersebut, orangtua selain dapat memberikan mainan yang memiliki warna atraktif maupun bunyi-bunyian, orang tua seyogyanya juga sering menyampaikan kata-kata ataupun nyanyian yang memiliki ritme bunyi tertentu, misalnya puk-ami-ami belalang kupu, adik makan nasi kalau malam minum susu.
·           Usia 2—4 tahun, Pada usia ini orang tua sudah bisa memulai menyampaikan cerita secara lisan ataupun membacakan cerita. Apabila cerita tersebut dibacakan, sangat baik apabila cerita yang dibacakan itu dilengkapi dengan gambar sehingga selain membacakan orang tua juga dapat menghubungkan kata ataupun peristiwa yang dibacakan dengan gambar yang tersaji dalam cerita. Cerita yang disampaikan baru cerita yang berfokus pada seorang pelaku utama dan pada satu peristiwa.Melalui kegiatan ini anak selain diajari berkenalan dengan realitas juga diajar memahami kosakata. Sambil bercerita orang tua juga dapat mengemukakan petunjuk tertentu yang secara konkret berkaitan dengan kehidupan sehari-hari anak, misalnya cara minum, cara makan, kegiatan mandi, dan sebagainya.
·           Usia 5—7 tahun, Pada tahap ini anak sudah mampu membaca. Meskipun demikian dampingan orang tua masih sangat diperlukan. Bentuk pedampingan itu sangat diperlukan misalnya dalam bentuk pertanyaan, siapa, mengapa, dan bagaimana seandainya. Pada sisi lain, orang tua juga dapat memancing pendapat dan penilaian anak terhadap tokoh, peristiwa, maupun bentuk perilaku para tokoh. Buku yang dibaca anak seyogyanya sejenis buku bergambar dalam ukuran besar dengan warna-warni yang menyolok. Dari proses tersebut diharapkan tumbuh dialog antara anak dengan orang tua maupun antara anak dengan jalan pikirannya sendiri.
·           Usia 7—9 tahun, Anak sudah mulai bisa memahami cerita secara episodik karena anak sudah bisa membuat akumulasi satuan cerita, menyusun rangkaian cerita, menentukan ciri hubungan pelaku yang satu dan yang lain, serta memahami hubungan pelaku dengan latar belakang cerita yang berupa empat maupun waktu. Pada tahap ini anak juga sudah mulai bisa menikmati ungkapan dan paduan bunyi dalam puisi. Sewaktu membaca cerita maupun puisi orang tua/guru diharapkan bisa menjadi pendamping dalam bentuk menanyakan tokoh yang disukai dan tidak disukai, menanyakan alasannya, membandingkan peristiwa dalam cerita apabila dibandingkan dengan kehidupan sehari-hari, serta meminta pendapat dan tanggapan anak dengan dengan disertai alasan secara logis.
·           Usia 9—12 tahun, Pada tahap ini anak sudah mampu memahami makna tersirat maupun jalinan hubungan secara logis. Anak juga sudah terampil membedakan antara fantasi dengan kenyataan. Sebab itulah apabila pada tahap usia sebelumnya anak lebih banyak memperhatikan cerita binatang maupun fantasi dalam bentuk dongeng, pada tahap ini anak sudah mulai memiliki perhatian pada cerita fiksi realistik, cerita petualangan, maupun cerita misteri.
·           Usia 12—14 tahun, Pada tahap ini anak secara ktif sudah mampu menghubungkan gambaran pelaku dengan keberadaan dirinya sendiri dihubungkan dengan posisinya dalam kehidupan. Anak juga sudah mampu menghubungkan isu-isu dalam kehidupan de-ngan peristiwa yang tergambarkan dalam karya sastra. Pusat perhatian terhadap cerita juga sudah bersifat ganda sehingga anak sudah mampu memahami cerita dalam bentuk novel dengan plot ganda. Kegandaan perhatian juga ditunjukkan oleh kemampuan anak dalam membaca karya sastra sekaligus sambil menggambarkan apa yang dibaca apabila dihubungkan dengan kehidupan secara konkret.
·           Usia 14 tahun—ke atas, Pada tahap ini anak sudah mulai berusaha menemukan identitas diri di tengah kelompok kehidupannya. Anak juga berusaha memahami bentuk-bentuk hubungan personal yang dianggap tepat dan memberikan rasa aman dalam pergaulan. Bacaan yang menggambarkan hubungan interpersonal, kesetiaan, keberanian, dan berbagai sosok ideal lain merupakan bacaan yang menarik perhatian anak. Anak-anak juga mulai berusaha menemukan sendiri nilai-nilai kehidupan yang dianggap relevan dengan konteks kehidupannya secara kritis.

C.      Manfaat Sastra bagi Anak
Dari uraian di atas dapat diperoleh gambaran bahwa terbentuknya minat dan kemampuan apresiasi sastra anak idealnya terbentuk dan terkembangkan sejak dini. Pembentukan dan pengembangan sejak dini tersebut nilai manfaatnya bukan sekedar  berkaitan dengan pengembangan minat dan apresiasi sastra anak. Dalam konteks yang lebih luas, pembentukan dan pengembangan apresiasi sastra pada anak itu juga bermanfaat dalam pengenalan realitas, pengembangan kemampuan berbahasa, pengembangan memahami bentuk-bentuk hubungan sosial, maupun pengembangan kemampuan memahami diri sendiri dan orang lain.
Secara psikologis aktivitas mengapresiasi sastra tersebut juga akan mengasah kepekaan emosi, mengembangkan daya imajinasi. Sebagaimana pembaca sastra pada umumnya, anak-anak mengapresiasi karya sastra juga untuk mendapatkan kesenangan. Kesenangan tersebut dalam dunia anak-anak bisa diperoleh lewat pengamatan gambarnya, permainan paduan bunyi, gambaran tokoh, peristiwa, ataupun isi dalam karya sastranya. Terdapatnya perbedaan tingkat usia dan tingkat perkembangan sebagaimana dikemukakan di atas, sangat menentukan bentuk-bentuk kesenangan yang diperoleh anak.
Anak usia 2 tahun misalnya, mendapatkan kesenangan lewat gambar, sementara anak usia 12 tahun akan mendapatkan kesenangan, selain lewat gambar juga lewat sesuatu yang dicitrakan, lewat peristiwa, maupun rangkaian ceritanya.Pada anak-anak yang telah mampu menguasai bahasa sebagaimana digunakan dalam penceritaan, kegiatan mengapresiasi sastra akan membawa anak keluar dari rutinitas kesehariannya. Dalam kondisi demikian, anak akan bertindak sebagai pengamat kehidupan sebagaimana tertuang dalam teks yang didengar atau dibacanya. Anak akan mendapatkan gambaran berbagai kemungkinan pemecahan masalah berkenaan dengan sejumlah pertanyaan yang bisa jadi diam-diam sering mengungkungnya tetapi tidak pernah terungkapkan kepada orang tua maupun orang lain pada umumnya.
Alasan lain mengapa anak mengapresiasi sastra bisa juga karena keinginan mendapatkan pemahaman tentang orang lain maupun kehidupan pada umumnya. Dorongandemikian terjadi karena anak-anak umumnya berusaha untuk menempatkan dirinya secara tepat dalam relasi dengan orang lain maupun berbagai kenyataan yang dihadapinya secara tepat. Dalam kesadaran batin anak juga tumbuh rasa ingin tahu tentang  bagiamana ciri orang dewasa, bagaimana ciri anak-anak yang berada di luar lingkungannya, bagaimana gambaran Bali, gambaran kota Jakarta, dan sebagainya. Sebab itulah penyediaan atapun penyampaian teks sastra bagi anak seyogyanya juga memperhatikan kualitas informasi isi sekaligus kemudahan informasi tersebut untuk dipahami anak. Melalui karya sastra yang diapresiaisinya, anak-anak juga ingin memahami kosakata, ungkapan, kalimat maupun berbagai bentuk penggunaan bahasa dalam konteks maupun ciri hubungan yang berbeda-beda.
Pada anak-anak usia 12 tahun ke atas, melalui bacaan sastra mereka belajar mengenal berbagai bentuk “bahasa gaul” maupun bahasa Indonesia dialek Jakarta. Dalam hal demikian tidak mengherankan apabila anak-anak tersebut memiliki sejumlah penulis favorit yang dalam pandangan orang dewasa bisa jadi masih luput dari perhatian. Selain itu, melalui kegiatan puisi anak-anak akan mendapatkan contoh berbagai bentuk ungkapan yang dianggap ringkas, indah, dan tidak memberi kesan murahan.
Dalam hal demikian tidak mengherankan apabila mereka akan memanfaatkan ungkapan dalam puisi itu saat mereka menulis buku harian, menulis surat untuk teman, maupun ketika melakukan pembicaraan dengan teman. Kemungkinan yang lain, anak-anak senang mengapresiasi karya sastra karena merasa bahwa dengan membaca karya sastra mereka juga mendapatkan sejumlah pengetahuan. Melalui karya sastra mereka mungkin bisa mendapatkan gambaran tentangciri kehidupan kelompok, ras, maupun suku yang berbeda. Melalui karya sastra mereka juga mendapatkan gambaran tentang kehidupan binatang, kehidupan satwa di hutan, maupun kehidupan “tempoe doeloe”sebagaimana tergambarkan lewat cerita rakyat ataupun cerita sejarah yang dibacanya.
Apabila cerita yang dibaca itu dalam bentuk biografi, anak-anak juga akan mendapatkan gambaran kehidupan tokoh yang secara tidak langsung dapat djadikan teladan dalam perjalanan hidupnya.








BAB III
PENUTUP
A.      KESIMPULAN
Perkembangan anak untuk mencapai tingkat kedewasaan sesuai dengan yang diinginkan tidak akan terjadi dengan sendirinya tanpa diusahakan dengan pemberian bantuan secara sadar dan terencana. Salah satu bantuan yang diberi­kan kepada anak adalah dengan menyediakan bacaan sastra yang sesuai dengan tingkat perkembangan jiwa anak.
Ketepatan penyediaan bacaan bagi anak akan berdampak positif bagi perkembangan anak selanjutnya secara komprehensif. Salah satu dampak itu adalah kesadaran pentingnya membaca oleh anak untuk memperoleh berbagai pengetahuan, pengalaman, dan kenikmatan.
Dengan adanya kesadaran itu dapat diharapkan setelah menjadi manusia dewasa kelak anak-anak itu tetap mau membaca untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan hidup. Oleh karena itu, penyediaan bacaan kesastraan bagi anak-anak harus menjadi salah satu hal yang menjadi prioritas kita.

B.       SARAN DAN KRITIK
Dalam makalah ini mungkin masih banyak terdapat kesalahan atau kekurangan. Untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik maupun saran-saran dari pembaca khususnya.